Keputihan adalah masalah yang sudah lama menjadi persoalan bagi wanita. Keputihan harus segera ditangani karena akan mengakibatkan kemandulan, hamil di luar kandungan dan sebagai gejala awal dari kanker leher rahim, yang bisa mengakibatkan kematian.

Keputihan Bisa Mengakibatkan Kemandulan

Yang perlu di perhatikan dari keputihan adalah:

  1. Bagaimana cara membilas vagina yang benar, setelah habis buang air besar atau sehabis buang air kecil, sebaiknya membilas vagina dari arah depan ke belakang ke arah anus.
  2. Keputihan fisiologis (normal), ciri-cirinya, lendirnya seperti lendir bening, tidak gatal dan tidak berbau.
  3. Keputihan patologis (karena penyakit), ciri-cirinya, warna lendirnya tidak bening tetapi putih seperti kepala susu, bisa kuning kehijauan atau kecoklatan, bahkan bisa kemerahan karena adanya darah. Biasanya disertai rasa gatal, dan ada bau yang menyertainya.

Penyebab Keputihan Patologis (Karena Penyakit):

  1. Infeksi yang di akibatkan oleh bakteri, jamur, atau protozoa
  2. Keganasan kanker leher rahim
  3. Benda asing didalam vagina ( misalnya : kondom yang tertinggal)

Cara pencegahan keputihan adalah:

  1. Jaga kebersihan daerah vagina
  2. Membilas vagina dengan cara yang benar
  3. Jangan suka memakai celana dalam orang lain atau sering bergantian dengan saudara atau teman wanita anda
  4. Jangan suka menggunakan handuk bersamaan
  5. Lebih berhati-hati dalam menggunakan sarana toilet umum
  6. Jalani pola hidup sehat, cukup tidur, olah raga teratur, makan makanan dengan gizi yang seimbang
  7. Jangan bergonta-ganti pasangan dalam berhubungan intim
  8. Bagi wanita yang sudah melakukan hubungan suami isteri, setiap tahun harus melakukan papsmear untuk mendeteksi perangai sel-sel yang ada di mulut dan leher rahim


 

Mengapa kita masih belum hamil juga saat ini?

Berikut ini berbagai masalah yang menyebabkan sampai saat ini kita belum bisa hamil:

1.  Ketidakseimbangan hormon

Ketidak seimbangan hormon menyebabkan sindrom ovarium polikistik atau dikenal dengan istilah PCOS (Polycystic Ovary Syndrome).  Gangguan PCOS ditandai dengan siklus haid yang kacau bahkan berhenti haid beberapa bulan.

2.  Tersumbatnya Saluran Tuba Falopi

Tersumbatnya saluran tuba falopi mengganggu penyaluran sel telur  dari ovarium ke dinding rahim.  Meskipun haid lancar jika saluran tuba tersumbat bisa mengakibatkan sulit hamil.

3.  Gangguan Sperma

Tidak hamilnya istri bisa terjadi karena sperma suami yang tidak bagus, bisa jadi sperma suami mengalami Azoospermia (tidak ada sperma yang hidup), Oligospermia (jumlah sperma kurang dari 20 juta/ml), Asthenozoospermia (pergerakan sperma rendah/lambat), Teratospermia (bentuk sperma tak normal).

4.  Kegemukan/Obesitas

Kegemukan/obesitas tidak secara langsung menurunkan tingkat kesuburan tetapi menyebabkan munculnya masalah hormon yang mengganggu poses ovulasi. Tetapi jika periode menstruasi normal 28 hari kegemukan atau obesitas mempengaruhi peluang hamil.

5. Gangguan Psikis

Kondisi psikis oleh kecemasan yang berlebihan yang menyebabkan stress mengganggu tingkat kesuburan dan dapat menghambat kehamilan.





Keputihan Bisa Mengakibatkan Kemandulan