Berhubungan intim saat wanita dalam keadaan menstruasi menuai pro dan kontra. Ada kepercayaan masyarakat yang mengatakan bahwa itu dilarang dan ada juga sebagian dari masyarakat yang melakukan itu dan tidak dilarang.

Fakta-Fakta Berhubungan Intim Saat Menstruasi

Berikut Penjelasan Dari Segi Medis

Jika dilihat dari segi medis, berhubungan intim saat wanita menstruasi memiliki beberapa manfaat:

  1. Bisa meringankan sakit akibat premenstrual syndrome (PMS) dan menstruasi. Saat berhubungan seksual, orgasme bisa meringankan rasa sakit seperti kram. Selain itu, orgasme juga bisa melepaskan endorfin. Endorfin adalah hormon yang bisa membuat seseorang merasa senang sehingga bisa meredakan depresi atau bad mood.
  2. Berhubungan intim saat wanita menstruasi juga bisa memberi kepuasan yang lebih, alasannya karena terjadi perubahan hormon pada wanita yang sedang menstruasi sehingga membuat mereka merasa lebih bergairah.

Namun, ada beberapa risiko yang akan dialami jika melakukan hubungan intim saat anda menstruasi:

  1. Anda akan berisiko lebih tinggi terkena infeksi atau tertular penyakit dibandingkan melakukan hubungan intim di luar masa menstruasi. Pada saat menstruasi, kondisi leher rahim akan terbuka sehingga memungkinkan darah akan masuk ke dalamnya. Itu akan memudahkan bakteri untuk menuju rongga panggul.
  2. Anda juga lebih mungkin untuk menularkan penyakit HIV dan hepatitis ke pasangan saat kondisi seperti ini karena lebih banyak cairan tubuh/darah.
  3. Saat menstruasi, kadar potential Hydrogen (pH) vagina Anda lebih rendah, maka tingkat keasamannya pun berkurang. Kondisi tersebut akan lebih mungkin untuk terinfeksi jamur atau bakteri.
  4. Risiko untuk hamil, walau kecil, tetap ada ketika Anda berhubungan intim tanpa pengaman atau kontrasepsi saat menstruasi. Untuk menghindari kehamilan, gunakan kondom saat bercinta.

Dalam rumah tangga seks merupakan hal yang penting, namun jangan menjadikannya sebagai beban. Jika anda merasa tidak nyaman melakukan hubungan intim saat menstruasi katakan pada pasangan anda. Hidup berumah tangga tidak hanya masalah ranjang tapi masih banyak hal lain yang dapat anda ciptakan untuk keharmonisan rumah tangga anda.

Mengapa kita masih belum hamil juga saat ini?

Berikut ini berbagai masalah yang menyebabkan sampai saat ini kita belum bisa hamil:

1.  Ketidakseimbangan hormon

Ketidak seimbangan hormon menyebabkan sindrom ovarium polikistik atau dikenal dengan istilah PCOS (Polycystic Ovary Syndrome).  Gangguan PCOS ditandai dengan siklus haid yang kacau bahkan berhenti haid beberapa bulan.

2.  Tersumbatnya Saluran Tuba Falopi

Tersumbatnya saluran tuba falopi mengganggu penyaluran sel telur  dari ovarium ke dinding rahim.  Meskipun haid lancar jika saluran tuba tersumbat bisa mengakibatkan sulit hamil.

3.  Gangguan Sperma

Tidak hamilnya istri bisa terjadi karena sperma suami yang tidak bagus, bisa jadi sperma suami mengalami Azoospermia (tidak ada sperma yang hidup), Oligospermia (jumlah sperma kurang dari 20 juta/ml), Asthenozoospermia (pergerakan sperma rendah/lambat), Teratospermia (bentuk sperma tak normal).

4.  Kegemukan/Obesitas

Kegemukan/obesitas tidak secara langsung menurunkan tingkat kesuburan tetapi menyebabkan munculnya masalah hormon yang mengganggu poses ovulasi. Tetapi jika periode menstruasi normal 28 hari kegemukan atau obesitas mempengaruhi peluang hamil.

5. Gangguan Psikis

Kondisi psikis oleh kecemasan yang berlebihan yang menyebabkan stress mengganggu tingkat kesuburan dan dapat menghambat kehamilan.





Fakta-Fakta Berhubungan Intim Saat Menstruasi