Kali ini kita akan membahas Cara Meningkatkan Kesuburan Wanita Agar Cepat Hamil dengan Alami

Kesuburan adalah tingkat peluang untuk mendapatkan anak. Pasangan yang “subur” memiliki peluang memiliki anak tinggi. Pasangan dikatakan tidak subur (infertil) bila setelah setahun usia perkawinan, sang istri masih belum juga hamil meskipun tidak melakukan KB.

Ketidaksuburan disebabkan baik oleh sisi suami, sisi istri ataupun keduanya. Namun, tips ini memfokuskan pada cara penambahan kesuburan dari sisi istri.

    Bersihkan Pikiran Bawah Sadar dari Ketidaksiapan Hamil
Kegagalan maupun keberhasilan dimulai dari pikiran sadar maupun yang telah tertanam di bawah sadar. Tak terkecuali dalam urusan kehamilan. Mungkin Anda pernah menjumpai seseorang yang telah melakukan berbagai upaya untuk hamil, bahkan mungkin telah pula melakukan pemeriksaan dan keduanya dinyatakan subur oleh dokter, toh kehamilan tak kunjung terjadi.

Dalam kasus seperti ini, boleh jadi yang harus diperbaiki adalah pikiran bawah sadarnya. Mungkin dalam hati kecil atau di bawah sadar salah satu pasangan menyatakan bahwa belum tepat saatnya untuk hamil karena suatu alasan. Mungkin masih mengejar karier, kondisi ekonomi belum siap, masih harus merawat anggota keluarga yang lain, bahkan mungkin masih meragukan kesiapan mentalnya untuk menjadi orang tua.

Ada kalanya secara tak sadar tertanam kuat dalam benak seseorang ketidakyakinan untuk hamil (atau menghamili) karena suatu informasi yang pernah diterimanya. Bisa juga secara tidak sadar seseorang mengalami ketakutan luar biasa untuk punya anak akibat peristiwa traumatik yang pernah dibaca, dilihat, atau dialami. Meskipun secara sadar ia berkata dan berusaha ingin hamil, seluruh mekanisme yang bekerja di dalam tubuhnya lebih patuh pada perintah pikiran bawah sadar. Semakin kuat upaya dan keinginan sadarnya untuk hamil, semakin kuat pula pikiran bawah sadarnya untuk menolak kehamilan.
Itu sebabnya pikiran bawah sadar perlu dibersihkan dari segala informasi negatif yang menghalangi terjadinya kehamilan. Caranya? Anda bisa melakukan self therapy kalau tahu tekniknya atau meminta bantuan terapis ataupun psikolog yang ahli dalam terapi bawah sadar.

    Jaga Berat Badan
Terlalu gemuk/kurus dapat menimbulkan gangguan proses ovulasi. Menurut riset, wanita membutuhkan berat badan dengan kandungan lemak 17 hingga 21 persen agar dapat ovulasi secara teratur. Wanita kurus atau kegemukan yang siklus haidnya tidak teratur dapat menjadi lebih teratur dan subur dengan memperbaiki berat badan.

    Pilih Makanan Organik
Berbagai studi menunjukkan pengaruh negatif insektisida dan pestisida terhadap hormon progesteron. Progesteron adalah hormon yang berfugsi menumbuhkan dan mematangkan sel telur serta menyiapkan dinding rahim bagi kehamilan. Tanpa progestero, tidak mugkin terjadi kehamilan.

Riset menujukkan bahwa bahaya wanita yang hidup di rawa yang terpolusi DDT memiliki bentuk telur yang rusak dan bermutasi. Meskipun DDT sudah dilarang di Indonesia, buah-buahan impor yang kini membanjiri pasar buka tidak mungkin mengandung DDT yang berbahaya tersebut. Sejenis estrogen yang disebut xenoestrogen juga terdapat pada beberapa pestisida dan dapat menganggu keseimbangan hormon wanita.

    Perbaiki Pola Makan
Kekurangan sejumlah vitamin dan mineral akan mengurangi kesuburan. Vitamin C, E dan B kompleks (terutama B6) sangat penting bagi pembentukan dan pengaturan kerja hormonal. Perbanyak makan buah-buahan dan sayuran yang kaya vitamin dan mineral serta biji-bijian yang mengandung lemak esensial seperti kedelai, kecambah dan kacang tanah.

Makanlah dengan pola makan seimbang dalam komposisi protein, karbohidrat dan lemaknya. Makanan yang tidak seimbang, misalnya terlalu banyak lemak, akan mengganggu keseimbangan hormonal tubuh.

    Kurangi Stress
Kurangilah beban pikiran yang menimbulkan stres dengan memperbanyak rekreasi, istirahat dan berolah raga. Stres dapat membuat ketidakseimbangan hormonal dalam tubuh sehingga menyulitkan ovulasi.

    Minum Suplemen/Jamu
Beberapa jenis suplemen/jamu dipercaya dapat meningkatkan kesuburan. Sebagian orang Jawa percaya bahwa kunyit dan asam dapat memperbaiki kerja organ reproduksi wanita. Madu dan bee polen juga diyakini berisi berbagai zat yang bermanfaat bagi kesuburan wanita. Orang Cina memiliki ramuan akar ginseng yang menguatkan rahim dan melancarkan kerja hormon. Namun, hati-hati bila mengkonsumsi jamu tradisional, karena seringkali pemrosesannya tidak higienis sehingga mengandung aflatoksin (racun dari jamur tepung yang dapat menyebabkan gangguan fungsi hati/kanker hati). (Maca Mx solusinya)
 
    Hentikan Konsumsi Kafein  
Kopi memang terbukti secra ilmiah memiliki sejmluah efek positif bagi kesehatan. Meski demikian, mengonsumsi kopi yang mengandung kafein secara berlebihan ternyata berefek kontraproduktif bagi mereka yang menginginkan terjadinya kehamilan.  

Ada studi yang memperlihatkan bahwa jika seorang perempuan mengkonsumsi 300 mg atau lebih kafein setiap hari, kesuburannya berkurang. Dalam secangkir kopi biasanya terkandung lebih dari 150 mg kafein. Namun, kafein tak hanya terdapat pada kopi, melainkan juga teh hitam maupun teh hijau, cokelat, minuman bersoda, dan minuman berenergi yang banyak disukai karena membikin segar dan menghilangkan rasa mengantuk.

Seorang asisten profesor di Havard Medical School sekaligus konsultan ketidaksuburan, Alice Domar, menyatakan jika ingin hamil, sebaiknya perempuan menghindari segala bentuk asupan yang mengandung kafein. Bagi seorang perempuan yang sedang menjalani terapi kesuburan, bahkan secangkir teh saja, yang kira-kira mengandung 50 mg kafein, dampaknya konon sungguh negatif. 

Di samping itu, kafein mempersempit pembuluh darah, memperlambat aliran darah ke uterus, dan potensial membuat lebih sulit bagi telur untuk menangkapnya. Karena itu, kalau betul-betul ingin terjadi kehamilan sementara bebaskan diri dulu dari kafein dalam berbagai bentuk.

    Bebaskan dari Rokok
Tembakau yang dibakar alias rokok telah seringkali dipaparkan memiliki efek negatif berlipat ganda bagi kesuburan. Ini di luar soal dampak buruknya bagi kesehatan secara umum, maupun kesehatan janin di dalam kandungan.

Jika Anda perokok dan ingin segera hamil, sebaiknya segera berhenti merokok dan bebaskan diri dari lingkungan yang penuh asap rokok. Selain merusak serviks dan saluran telur ke rahim (fallopian tubes), rokok terbukti meningkatkan resiko untuk mengalami keguguran dan kehamilan ektopik (ectopic pregnancy).

Di samping itu, rokok juga telah terbukti secara ilmiah menyebabkan ovari jadi menua dan mengosongkan telur secara prematur, sehingga menghapus kemampuan seorang perempuan untuk hamil. Oleh sebab itu, biasanya para ahli fertilitas sebelum memberikan pengobatan untuk kesuburan lebih dulu merekomendasikan jadwal untuk berhenti merokok. 

    Olahraga Santai Saja
Apa yang salah dengan olahraga? Tidak ada. Namun, olahraga intensif lebih dari tujuh jam seminggu, telah dibuktikan secara ilmiah ada hubungannya dengan menurunnya ovulasi. Studi lain yang baru-baru ini dipublikasikan di jurnal Obstetric and Gynecology juga menyimpulkan bahwa membatasi olahraga merupakan langkah sangat tepat bagi mereka yang minum obat penyubur (in vitro fertilization).

Studi dilakukan oleh Harvard Medical School terhadap 2.200 wanita yang baru pertama kali minum obat penyubur. Dibandingkan dengan kelompok wanita yang tidak berolahraga (sedentary), ternyata kelompok wanita yang jalan kaki ataujoging (sesuai petunjuk latihan untuk jantung) paling sedikit empat jam seminggu, selama satu hingga sembilan tahun sebelum minum obat penyubur, kurang dari 50 persen yang berhasil hamil.

Pada kelompok yang olahraga untuk jantung (lebih intensif dibandingkan jalan kaki biasa) satu hingga tigajam seminggu, ternyata tetap saja kemungkinannya untuk hamil berkurang hingga 30 persen. Walaupun olahraga itu baik, ternyata tidak punya kontribusi bagi suksesnya minum obat penyubur. Memang diperlukan studi lebih lanjut untuk bisa direkomendasikan secara klinis.

Jika Anda ingin hamil, dan kebetulan minum obat penyubur, pilih alternatif bergerak yang ringan saja. Lain halnya jika kehamilan telah terjadi, olahraga yang sesuai untuk ibu hamil dapat dilakukan.

Demikian Cara Meningkatkan Kesuburan Wanita Agar Cepat Hamil dengan Alami yang diperoleh dari buku Akhirnya Positif Hamil karya Denny Dee.

 

Mengapa kita masih belum hamil juga saat ini?

Berikut ini berbagai masalah yang menyebabkan sampai saat ini kita belum bisa hamil:

1.  Ketidakseimbangan hormon

Ketidak seimbangan hormon menyebabkan sindrom ovarium polikistik atau dikenal dengan istilah PCOS (Polycystic Ovary Syndrome).  Gangguan PCOS ditandai dengan siklus haid yang kacau bahkan berhenti haid beberapa bulan.

2.  Tersumbatnya Saluran Tuba Falopi

Tersumbatnya saluran tuba falopi mengganggu penyaluran sel telur  dari ovarium ke dinding rahim.  Meskipun haid lancar jika saluran tuba tersumbat bisa mengakibatkan sulit hamil.

3.  Gangguan Sperma

Tidak hamilnya istri bisa terjadi karena sperma suami yang tidak bagus, bisa jadi sperma suami mengalami Azoospermia (tidak ada sperma yang hidup), Oligospermia (jumlah sperma kurang dari 20 juta/ml), Asthenozoospermia (pergerakan sperma rendah/lambat), Teratospermia (bentuk sperma tak normal).

4.  Kegemukan/Obesitas

Kegemukan/obesitas tidak secara langsung menurunkan tingkat kesuburan tetapi menyebabkan munculnya masalah hormon yang mengganggu poses ovulasi. Tetapi jika periode menstruasi normal 28 hari kegemukan atau obesitas mempengaruhi peluang hamil.

5. Gangguan Psikis

Kondisi psikis oleh kecemasan yang berlebihan yang menyebabkan stress mengganggu tingkat kesuburan dan dapat menghambat kehamilan.





Cara Meningkatkan Kesuburan Wanita Agar Cepat Hamil dengan Alami